Hitara – Komunitas Hidroponik Tangerang Raya

Gambar

Em… Apa ya itu Hitara?
Ada yang tau?
Sedikit saya mengulas mengenai Hitara.

Hitara adalah komunitas hidroponik Tangerang Raya. Anggota Hitara sendiri awalnya bertemu melalui dunia maya yang kemudian berlanjut ke kopi darat pertama dengan mengunjungi kebun Om Ika di Cikupa pada 2 November 2014. Melihat antusias yang ikut kopi darat pertama maka diadakanlah kembali kopi darat kedua bertempat di SDN 12 Tangerang dan Om Ari sebagai tuan rumahnya pada tanggal 7 Desember 2014, pada saat itulah terbentuk segera Komunitas Hidroponik Tangerang Raya yang disingkat dengan HITARA. Hitara sendiri didirikan dengan visi memperkenalkan hidroponik seluas-luasnya di daerah tangerang serta menjadikan komunitas ini sebagai wadah belajar mengenai hidroponik. Anggota Hitara merupakan warga Tangerang yang menggeluti hidroponik baik yang sudah banyak pengalaman maupun pemula tanpa memandang usia, siapa saja bisa bergabung.

Kenapa hidroponik?
Hidroponik saat ini dianggap sebagai salah satu alternatif sistem tanam tanpa tanah. Diharapkan dengan sistem hidroponik semua orang dapat berkebun tanpa bingung dengan masalah lahan. Oleh karena itulah Hitara memilih hidroponik untuk diperkenalkan pada masyarakat umum.

Dalam waktu singkat telah terpilih Om Sekhu sebagai ketuanya, Om Dante sebagai wakil ketua, Mbak Fitri sebagai sekretaris, Mbak Dolly sebagai Bendahara, Mas Ari sebagai humas, selain itu hitara juga dilengkapi dengan research dan development yang diisi oleh Om Eko dan Om Hadi serta dibidang kepengajaran diisi oleh Mbak Jean. Dengan susunan pengurus yang dirampingkan diharapkan lebih mudah koordinasinya tanpa menutup kemungkinan akan ditambahkan bagian lain untuk kemajuan Hitara dan anggota.

Dalam waktu sebulan, Hitara sudah melangkah perlahan dengan ikut pameran di perumahan Bukit Tiara di Jatake pada tanggal 31 Desember 2014 lalu. Pada pameran itu yang ditampilkan ada beberapa sistem hidroponik yaitu wick, DFT, Ebb and Flood, juga menyediakan beberapa kebutuhan hidroponik. Selain sistem hidroponik juga memperkenalkan beberapa jenis tanaman yang belum familiar dikonsumsi oleh penduduk Indonesia. Pameran itu dengan sukses menarik minat warga perumahan Bukit Tiara. Melihat minat warga maka segera diadakan pelatihan singkat mengenai sistem paling mudah di hidroponik.

Hitara masih terus berkembang, walau baru beberapa kali diadakan pertemuan tapi tetap berkomunikasi melalui grup WA dan Grup Fb kini Hitara telah memiliki web sendiri yaitu hitara.org sebagai bagian promosi Hitara dalam memperkenalkan hidroponik maupun bagian komunikasi massal terhadap anggotanya dan warga lainnya.

Salam hidro…
Hitara

DMaylissa

One response »

  1. Ada yg bisa supply product Hydroponic continue Bayam Hijau & Bayam Merah & Selada Keriting Batavia sejumlah 20 kg sampai 50 kg setiap minggu untuk masing – masing product ? Silahkan WA saya Erick Espraga Kusuma 0811853597 … khusus hanya mereka yg benar – benar Hydroponicers Sejati (maklum kami tidak terima broker)… Terima Kasih & salam Happy Ponics

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s